Metode Ampuh Mencegah Anemia


ANEMIA atau penyakit kekurangan darah dapat disembuhkan dengan mengkonsumsi suplemen penambah darah dan mencukupi kebutuhan asupan makanan tinggi zat besi, asam folat dan vitamin B12. Suplemen penambah darah diberikan untuk mengatasi penyakit kurang darah, seperti anemia dan neutropenia. Anemia terjadi ketika darah tidak cukup memiliki sel-sel darah merah atau hemoglobin di bawah normal. Hemoglobin merupakan bagian utama sel darah merah yang mengikat oksigen. Akibatnya, sel-sel dalam tubuh tidak mendapatkan asupan oksigen yang cukup.
Berikutnya adalah penyakit neutropenia. Penyakit neutropenia merupakan kondisi ketika jumlah sel darah putih atau neutrofil di dalam tubuh rendah atau di bawah jumlah normal. Neutrofil berperan dalam melawan infeksi yang disebabkan oleh bakteri dan jamur. Dalam menyembuhkan penyakit anemia terdapat beberapa metode, yaitu:
1. Mengkonsumsi Makanan yang Mengandung Zat Besi
Makanan yang mengandung zat besi dapat membantu produksi hemoglobin yang dibutuhkan untuk membenruk sel darah merah. Beberapa makanan penambah darah yang mengandung zat besi tinggi, yaitu:
 Daging merah – Seperti daging sapi, organ sapi (jeroan)
 Sayuran – Seperti bayam dan kangkung
 Buah-buahan kering – Seperti buah prem dan kismis
 Kacang-kacangan
 Kuning telur

2. Metode Pengobatan Recombinant Human Erythropoietin
Pertumbuhan sel darah merah pada tubuh diatur pada hormon erythropoietin. Hormon erythropoietin yaitu hormon yang merangsang produksi sel darah merah. Hormon ini dihasilkan oleh organ tubuh yaitu ginjal. Apabila hormon erythropoietin tidak dapat diproduksi oleh ginjal karena penyakit tertentu, maka tubuh akan menderita penyakit anemia.
Cara lain untuk menyembuhkan anemia yaitu melalui metode pengobatan Recombinant human erythropoietin. Metode pengobatan ini merupakan metode pengobatan anemia yang sudah parah yang disebabkan oleh gangguan pada hormon erythropoietin, baik pada anak-anak maupun orang dewasa. Metode pengobatan ini memiliki efek samping berupa sakit kepala, alergi, nyeri sendi, mual, kelelahan, demam, pusing, dan peningkatan tekanan darah. Maka dari itu metode pengobatan ini tidak dapat diberikan kepada orang yang memiliki tekanan darah tinggi yang sudah parah, epilepsi, gagal hati kronis, kelainan sel darah merah seperti anemia sel sabit dan kanker.
3. Mengkonsumsi Suplemen Penambah Darah
Metode pengobatan lain untuk penyakit ANEMIA yaitu dengan mengkonsumsi suplemen penambah darah. Untuk menghasilkan atau memproduksi sel darah dibutuhkan asupan nutrisi yang cukup. Nutrisi yang dibutuhkan adalah zat besi, vitamin B12 dan asam folat. Apabila nutrisi yang dibutuhkan tercukupi. Maka tubuh akan memproduksi sel darah merah dengan baik. Sebaliknya, jika nutrisi tersebut tidak tercukupi maka tubuh akan beresiko mengalami penyakit anemia. Suplemen penambah darah dapat menjadi pilihan untuk mencukupi nutrisi yang diperlukan tubuh dalam memproduksi sel darah merah. Sebab suplemen penambah darah mengandung zat besi, asam folat dan vitamin B12.
Jika anda sudah memiliki penyakit anemia jangan asal memilih metode pengobatan sendiri. Sebaiknya Anda melakukan konsultasi terlebih dahulu pada dokter. Hal ini bertujuan agar Anda mendapatkan solusi yang tepat dan efektif.

Tags:KEKURANGAN ZAT BESI


Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *